Beranda > Banjarnegara, Linux > KLUBAN (Komunitas Linux Banjarnegara)

KLUBAN (Komunitas Linux Banjarnegara)


HERE IS KLUBAN

24 April 2010, hari bersejarah bagi dunia pengguna dan penggemar linux. Komunitas Linux Banjarnegara (Kluban) “menetas sudah”. Dibidani oleh Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Tunas Bangsa Banjarnegara dan ditangani oleh enam orang penggemar dan pengguna linux yaitu: Noviar Bagus, Suparman, Nugroho, Toto Budiono, Lutfi Ahmad syarwani dan Aril, Kluban muncul ke permukaan dunia open source community.

Inilah wajah Kluban:
Filosofi:
Kluban adalah makanan yang terdiri dari sayur mayur yang bisa diperoleh dengan mudah di sekitar pekarangan rumah atau di sawah. Sayur-mayur itu hanya dikukus, tidak banyak proses pengolahannya. Cita rasa sayur-mayur itu dipernikmat oleh bumbu sambal parutan kelapa atau urap. Urap diaduk merata ke semua permukaan sayur mayur. Betapa murah meriahnya makanan ini, namun selalu tersedia tempat di selera hati masyarakat. Komunitas Linux Banjarnegara ingin seperti kluban. Isinya beragam, baik individu maupun karakternya, namun tetap merakyat, sehingga aktifitasnya bisa meriah, dan disenangi oleh masyarakat.

Visi
Memasyarakatkan Linux dan Me-linux-kan Masyarakat Banjarnegara. Salah satu cara yang kami siapkan sebagai misinya adalah, kami bantu tetangga menginstall software microsoft dengan upah si tetangga harus mau menerima bonus berupa instalasi linux sehingga ia memiliki dual boot di pc-nya.🙂

Distribusi operasi:
Ubuntu atau Debian based linux adalah prioritas distribusi oprekan kluban. Anggota ataupun peminat kluban yang beroperasi dengan rpm based linux dan yang lain, tetap mendapat akomodasi dan mendapat tempat di kluban. Dokumentasi tentang suatu topik yang terjadi di debian dan rpm based linux kami sajikan dalam situs yang akan kami persiapkan. Setiap anggota diberi keleluasaan untuk meminati dan mendalami pekerjaan tertentu pada distro yang digunakan. Boleh mengupas tips dan trik open office, boleh mempelajari setting jaringan, konfigurasi server atau apapun. Kewajiban asik anggota setelah mengerjakan minatnya adalah menuangkan temuan dan hasil pembelajarannya ke dalam situs kluban.

Plan Action:
Satu prinsip aksi kluban, harus “terealisasi”, meskipun hanya satu. Kluban membagi rencana aksi ke dalam dua bagian yaitu:
Rencana Internal:
Mendalami linux secara bergotong royong sehingga penguasaan anggota tentang linux bisa meningkat. Anggota berdiskusi melalui mailing list di klubaners@googlegroups.com, dan menuangkan hasil belajarnya di situs kluban. Safari belajar linux menjadi agenda supaya terjalin keakraban sesama anggota. Setidaknya dalam satu bulan, anggota akan “kembul” di tempat yang telah disepakati sebelumnya. Pendalaman ini juga sebagai modal untuk berperan dalam proses “Banjarnegara Migrasi ke Open Source” di tahun-tahun mendatang.

Rencana Eksternal:
Mengenalkan linux kepada kalangan masyarakat Banjarnegara. Pak Bagus punya peluang me-linux-kan instansi pemerintah daerah atau badan milik pemerintah daerah, dan teman yang lain punya jurus jitu menggarap segmen pelajar. Ekstra kurikuler open source segera adalah jurus memasyarakatkan linux di kalangan pelajar. Audiensi dengan wakasek kesiswaan menjadi agenda yang bakal dikerjakan oleh klubaners. Ekskul ini menawarkan pembelajaran open souruce mulai instalasi hingga konfigurasi. Lebih luas lagi, menjadikan open source sebagai solusi. Sayembara design stiker kluban juga gagasan yang mencuat untuk menumbuhkan minat terhadap open source / linux di kalanan pelajar.

Kelompok ekstra kurikuler Kerohanian Islam juga menjadi sasaran empuk. Linux sabily akan menjadi santapan menarik menjelang buka puasa bagi mereka. Isyu halal haram juga kami mainkan. Linux penuh barokah, itu mind setting yang kami tawarkan.

Sebenarnya banyak ide yang muncul untuk memasyarakatkan linux, namun Kluban harus menerapkan batasan realistis, agar ide tersebut tidak menjadi pepesan kosong.

Akhirnya, kami mohon jurung pandonga dan dukungan linuxer semua.

Kategori:Banjarnegara, Linux
  1. 19 Januari 2011 pukul 08:06

    Kulane mendukung sekali program linuxisasi Mas, supaya warga Banjarnegara bebas kang tindakan ilegal lan melanggar hukum gara2 aben dina nyantap “mikocok” hehehe…inyonge be tembe migrasi sambi sinau.Pokoke siap gethok tular lah….HIDUP KLUBAN!!!

    • 20 Januari 2011 pukul 00:32

      nggih nggih, maturnuwun sampun pinarak teng blog jelek mas

  2. adhi
    23 Januari 2011 pukul 12:38

    Assalamu alaikum warah matullohi wabarakatuh..
    Kulanuwun.
    Mas, saya jg ingin perubahan dr mikocok ke Linux. Gmn caranya ya, soale banyak teknisi bisanya hebat cm di mikocok doang. Paling tidak salah satu tim bs dicalling kontak personnya untuk curhat soa linux dan bs membantu migrasi ke linux. Tau sendirilah kl Bang Bill msh matre, ayuh pada dadekna Banjarnegara dadi komunitas Linux, ben bs di buang pemahaman Linux angel. Tolong ksh kontak person ke email saya. Kesuwun…

    • 24 Januari 2011 pukul 17:32

      walaikumsalam, mau pake linux apa mas?
      ubuntu, redhat, suse, dll

  3. aaff
    19 Mei 2011 pukul 02:43

    sundul gan
    Linux smoga tambah banyak yg make n semakin rame di Banjarnegara ^_^

    • 27 Mei 2011 pukul 20:18

      semoga linux memasyarakat di Banjarnegara gan, hehehe terima kasih atas kunjungannya gan

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: